Ilustrasi cuaca buruk di Karimun. (dok lendoot)
Ilustrasi cuaca buruk di Karimun. (dok lendoot)

Karimun, Lendoot.com – Badan Meteorolog Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Kabupaten Karimun memperkirakan, Karimun akan sering diguyur hujan lokal yang disertai dengan petir. Sedangkan untuk siang hingga malam cuaca diperkirakan berawan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala BMKG Karimun, Syamsul melalui stafnya Sirly Oktarina, kemarin.

“Untuk prakiraan cuaca besok pagi Karimun masih akan diguyur hujan, siang berawan, malam berawan dan dini hari hujan disertai petir. Dalam beberapa pekan hujan akan turun,” kata Sirly Oktarina.

Sirly Oktarina juga mengatakan, cuaca berawan dan hujan disertai petir ini diperkirakan masih akan melanda Pukau Karimun Besar dan sekitarnya hingga tiga hari ke depan. Untuk itu BMKG menghimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai hujan disertai petir.

“Kita perkirakan untuk tiga hari kedepan Karimun masih akan terjadi hujan disertai petir, untuk itu kami mengimbau agar masyarakat mewaspadai hujan yang disertai dengan petir,” ucapnya.

Ia menjelaskan, hujan yang disertai petir tersebut disebabkan karena adanya awan pekat hitam atau culumonimbus yang berkumpul di satu titik. Selain berpotensi menghasilkan petir, adanya awan pekat hitam atau culumonimbus itu berpotensi menimbulkan puting beliung.

“Hujan disertai petir ini dikarenakan adanyan awan pekat hitam atau culumonimbus yang berkumpul di satu titik dan ini berpotensi menghasilkan petir dan puting beliung,” jelasnya.

Sementara Untuk pantauan angin dari arah bervariasi, yakni Barat Laut, Utara, Timur Laut rata-ratanya berkecepatan maksimal 15KT. Untuk suhu berkisar antara 25 hingga 32 derajat celcius dan kelembaban berkisar antara 70-95%. (ian)