Kasubsi Pnindakan Kantor Imigrasi Karimun, Denni Tresno.
Kasubsi Pnindakan Kantor Imigrasi Karimun, Denni Tresno.

Karimun, Lendoot.com – Tingkatkan pengawasan terhadap Warga Negara Asing (WNA) yang datang ke Karimun. Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun libatkan pengelola hotel untuk ikut melakukan pengawasan.

Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Karimun Berti Mustika melalui Kasubsi penindakan, Denni Tresno mengatakan pengawasan terhadap WNA ke Indonesia selain dilakukan di pintu masuk pelabuhan, Imigrasi juga melakukan pengawasan di hotel- hotel dan penginapan di Karimun.

“Untuk pengawasan di hotel- hotel, kita mengandeng pengelola hotel untuk sama- sama mengawasi WNA yang berkunjung ke Karimun. Pengelola hotel akan melaporkan kepada kita setiap hari tentang WNA yang menginap di Hotel mereka,” kata Denni beberapa waktu lalu saat ditemui diruang kerjanya.

Denni menyebut, langkah ini sejalan dengan banyaknya wisatawan masuk ke Indonesia setelah Pemerintah Pusat memberlakukan Peraturan Presiden No 21 Tahun 2016 tentang Visa Bebas Kunjungan.

Untuk itu menurutnya, pengawasan terhadap WNA dimaksudkan untuk memastikan wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Karimun benar-benar berkunjung untuk berwisata, bukan menyalahgunakan tujuan kunjungan wisata untuk tinggal dan menetap, apalagi bekerja di Indonesia.

“Kita juga tidak mau orang asing yang datang ke sini tidak bermanfaat. Harus yang bermanfaat. Kalau dia wisatawan, harus jadi wisatawan, sesuai dengan tujuannya,” ucap Denni. (ian)