Kasubsi Pnindakan Kantor Imigrasi Karimun, Denni Tresno.
Kasubsi Pnindakan Kantor Imigrasi Karimun, Denni Tresno.

Karimun, Lendoot.com – Guna memudahkan pengelola hotel untuk melakukan pelaporan orang asing. Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun membuat sebuah aplikasi.

Aplikasi tersebut yakni, Aplikasi Pelaporan Orang Asing atau diaingkat APOA. Pada aplikasi ini di dalamnya berisikan informasi mengenai tamu- tamu hotel yang berkewarganegaraan asing.

“APOA telah ada di beberapa hotel berkelas di Karimun, jumlahnya sekitar enam hotel yang sudah menggunakan aplikasi ini. Untuk menggunakannya karyawan hotel dilatih terlebih dahulu,” kata Kasubsi Penindakan Denni Tresno, Jumat (28/4/2017) kemarin.

Denni mengungkapkan bahwa aplikasi APOA sebenarnya sudah ada sejak 2014 lalu dan telah digunakan oleh Kantor Imigrasi di daerah lain di Indonesia, hanya saja Aplikasi tersebut seiring berjalannya waktu masih dalam percobaan untuk disempurnakan.

“Untuk penggunaanya di Karimun baru di 2017 kita gunakan, dan beberapa hotel sudah memilikinya,” ucap Denni.

Ia berharap, pengawasan orang asing tidak saja dari Imigrasi, apabila ada masyarakat melihat WNA yang mencurigakan dapat memberikan informasi kepada Imigrasi.

“Mari bersama-sama kita lakukan pengawasan, terutama kepada WNA yang menggunakan Visa Kunjungan untuk bekerja di karimun,” ujarnya. (ian)