Ilustrasi nelayan melaut di cuaca buruk.
Ilustrasi nelayan melaut di cuaca buruk.

Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meluncurkan produk terbaru informasi OFS (Ocean Forecast System), di gedung BMKG, Jalan Angkasa, Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Jumat (31/3/2017).

Disampaikan oleh menteri koordinator bidang kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan di acara launching tersebut. Luhut bangga kepada BMKG atas fasilitas terbaru yang diluncurkan itu.

“Terus terang saya bangga melihat fasilitas itu kelasnya sudah kelas dunia,” kata Luhut.

Sebenarnya BMKG sudah memiliki sistem peringatan dini cuaca di bidang kemaritiman, tetapi informasi itu hanya mengenai tinggi gelombang  air laut.

Untuk meningkatkan lagi informasi mengenai bidang kemaritiman maka BMKG membangun OFS pada tahun 2016 dan pada hari ini resmi diluncurkan.

“BMKG hari ini sudah meresmikan fasilitas mereka yang baru,” katanya.

Tidak hanya bisa memperoleh informasi mengenai gelombang tinggi air laut, melalui sistim OFS ini masyarakat juga mendapatkan Informasi mengenai arus, suhu, salinitas per lapisan kedalaman dan informasi trajectory yang dapat dimanfaatkan untuk monitoring tumpahan minyak di laut serta mendukung operasional Search and Rescue (SAR).

Informasi sistem OFS ini tersedia selama 24 jam dan memberikan informasi cuaca laut hingga tujuh hari ke depan. Selain itu informasi ini juga bisa diakses oleh publik melalui alamat website                            peta-maritim.bmkg.go.id/ofs