Karimun, Lendoot.com – Peringati hari Bumi Sedunia (Earth Day). Sekelompok pemuda yang tergabung ke dalam komunitas Napak (Bina Pencinta Alam Karimun) menggelar kegiatan sosial membersihkan jalur Gunung Jantan dari arah Sememal, Kelurahan Pasir Panjang, Sabtu (22/4/2017).

Dalam aksinya, komunitas menyusuri jalan setapak dan aliran sungai sembari memungut sampah-sampah plastik dan botol yang ada di sepanjang jalur pendakian.

“Kegiatan kemaren berbarengan dengan memperingati hari bumi. Napak sebagai salah satu komunitas pecinta alam yang ada di Karimun ini melakukan kegiatan bersih-bersih sampah plastik di hutan lindung Gunung Jantan,” kata seorang penggerak komunitas Napak, Tengku Rhaos Deskafari, Minggu (23/4/2017).

Pria yang akrab disapa Bony Deska itu menyebut tujuan kegiatan tersebut adalah untuk membangkitkan kepedulian generasi muda terhadap lingkungan hutan. Menurutnya masyarakat Karimun, terutama generasi muda memiliki tanggungjawab dalam menjaga kelestarian hutan dan alam.

“Terutama permasalahan sampah yang banyak kita temui di sekitaran hutan kita,” ucapnya.

Ryawantri Nurfatimah salah seorang pendiri Napak menambahkan, selain menjaga kelestarian alam, Napak sendiri juga memiliki misi untuk membantu pemerintah mempromosikan wisata alam di wilayah Kabupaten Karimun yang belum tereksplor kepada wisatawan dalam dan luar negeri.

“Kita membantu pemerintah dalam usaha memerangi narkoba dan sex bebas pada generasi muda dengan memberikan motivasi berkreatifitas dan penguatan mental karakter. Kita juga membantu pemerintah dalam hal memajukan perekonomian masyarakat Kabupaten Karimun,” ucap wanita yang kesehariannya bertugas sebagai Kasi Infokim di Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun. (ian)