Seorang pembeli sedang belanja di pasar Puan Maimun pagi ini
Seorang pembeli sedang belanja di pasar Puan Maimun pagi ini (ian)

Karimun, Lendoot.com – Jelang Natal dan Tahun Baru 2018 beberapa harga kebutuhan sembilan bahan pokok (sembako) di Karimun mulai mengalami kenaikan.

Seperti pantauan Lendoot.com di Pasar Puan Maimun, untuk harga telor ayam ras 1 papan Rp 42 ribu sebelumnya hanya Rp 38 ribu. Kenaikan juga terjadi pada beberapa jenis beras namun hanya naik Rp 500-1000 perkilo.

Untuk minyak goreng curah perkilo saat ini Rp 12 ribu, sebelumnya hanya Rp 11 ribu. Ayam potong juga ikut mengalami kenaikan, saat ini untuk ayam bulat Rp 30 ribu sebelumnya hanya Rp 29 ribu dan ayam potong Rp 35 ribu sebelumnya hanya Rp 34 ribu.

“Untuk ayam potong harganya naik Rp 1000 begitu juga ayam potong,” kata seorang pedagang ayam potong di pasar Puan Maimun, Rabu (13/12/2017) pagi.

Meski beberapa komoditi mengalami kenaikan, untuk harga cabai merah justru menurun, jika sebelumnya Rp 55-60 ribu perkilo saat ini cabai merah Rp 48 ribu perkilo. Begitu juga harga cabai rawit sebelumnya Rp 40 ribu saat ini Rp 36 ribu perkilo.

“Memang beberapa Minggu lalu harga cabai merah dan rawit sempat mengalami kebaikan cukup tinggi, tapi sekarang harganya susah turun,” kata seorang pedagang, Pasaribu.

Sementara untuk harga, tomat, kentang, bawang merah dan bawang putih masih stabil. Para pedagang menyampaikan faktor kenaikan harga dipengaruhi cuaca dan jelang tahun baru. (ian)