Ilustrasi (Istimewa)
Ilustrasi (Istimewa)

Karimun, Lendoot.com – Terkait dugaan penggelapan dana bantuan operasional sekolah (BOS) yang diduga dilakukan oknum Kepala SMKN 2 Karimun berinisial JL, mendapat bantahan dari guru-guru di sekolah tersebut.

Menurut mereka, dana BOS yang diduga digelapkan tersebut, digunakan untuk pembangunan fisik dan melengkapi kebutuhan sekolah di SMKN 2 Karimun.

“Bukti nyatanya seperti pengadaan meja guru, kipas angin, tralis, pembangunan batu miring, tempat parkiran dan pos penjagaan, itu dibangun dari dana BOS. Di juknis dana BOS memang tidak ada untuk pembangunan fisik dan tahun ini baru dimasukkan, dana itu mungkin dialihkan ke pembangunan fisik,” kata Kabid Humas SMKN 2 Karimu, Anwar, Jumat (25/8/2017).

Dalam pengelolaan dana BOS, menurutnya ada tim khusus yang telah dibentuk untuk mengelola dana tersebut, dan JL duduk sebagai penanggungjawab di dalam tim tersebut. Sepengetahuan Anwar berdasarkan keterangan tenaga pengajar yang masuk di dalam tim, dana itu tidak lah dikelola secara sendiri oleh kepala sekolah.

“Dana itu dikelola oleh tim khusus yang telah dibentuk, bukan dari dia (JL) sendiri,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Karimun, Bakri Hasyim ketika dikonfirmasi terkait masalah ini mengatakan, Ia tidak dapat berkomentar banyak terkait permasalahan tersebut. Alasannya karena saat ini SMA dan SMK kewenangan di bawah Dinas Pendidikan Provinsi Kepri.

Hanya saja, Bakri mengimbau kepada sekolah lain agar berhati-hati dalam mengelola dana BOS. Tujuannya agar tidak terjadi permasalahan seperti tersebut di SMKN 2.

“Kita sudah sampaikan setiap ada pertemuan, untuk kepala sekolah bisa lebih berhati- hati dalam penggunaan anggaran dan melakukan pengelolaan anggaran sesuai dengan Juknis yang berlaku,” katanya.

Sebelumnya, penyidik Kejari menyampaikan berdasarkan pemeriksaan dilapangan, kwitansi- kwitansi pembelian ATK banyak yang tidak sesuai dari temuan dilapangan, dimana pemilik toko merasa tidak pernah mengeluarkan barang yang disebutkan didalam kwitansi. (ian)