Para peserta peningkatan sinergi pendidikan keluarga sedang mendengarkan materi yang disampaikan oleh salah satu narasumber di Aula SMPN 2 Binaan
Para peserta peningkatan sinergi pendidikan keluarga sedang mendengarkan materi yang disampaikan oleh salah satu narasumber di Aula SMPN 2 Binaan (ian)

Karimun, Lendoot.com – Bidang Pembinaan Paud dan Pendidikan Non Formal (PNF) menggelar peningkatan sinergi pendidikan keluarga kepada 120 orang yang terdiri dari Paud, PKBN dan LKP se-Kabupaten Karimun. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula SMPN 2 Binaan, Kecamatan Tebing, Rabu (9/8/2017).

Kepala seksi peserta didik dan pembangunan karakter Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Siti Muhawanah mengatakan bahwa, tujuan dari peningkatan pendidikan keluarga ini adalah untuk memberikan pengetahuan tentang tahapan cara mendidik seorang anak sesuai dengan tahap perkembangannya.

“Intinya kepada mereka akan diberi materi tentang tahapan mendidik anak, agar mereka bisa memberikan pengetahuan sesuai dengan tahap perkembangan anak,” kata Siti kepada wartawan, Rabu (9/8/2017).

Siti menyampaikan, dalam pendidikan keluarga ini, nantinya pelibatan orang tua disekolah sangat diharapkan, seperti contoh sekolah yang sudah menerapkan hal tersebut, diantaranya SD 09 Meral dan SMP 1 Karimun, keterlibatan orang tua dalam menerapkan pendidikan keluarga sudah berjalan dengan baik.

“Karena anak itu merupakan tanggungjawab bersama, dengan begitu pendidikan yang dilaksanakan disekolah dapat berlanjut dirumah, sebab anak lebih banyak menghabiskan waktunya dirumah dan masyarakat dari pada disekolah,” ucap Siti.

Untuk narasumber yang dihadrikan dalam peningkatan sinergi pendidikan keluarga terdiri dari lima orang yakni, Adi Sutrisno sebagai Kasi di Subdit Anak dan Remaja di Kemdikbud, Dadan Purnama dari PT Anugerah Nitsaya Andhika sebagai pimpinan dan Trainer, Rifqi Faiz sebagai trainer, Dra Riza Kurniati dari Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun dan Richa Irma Dhiyanti sebagai fasilitator Pendidikan Keluarga.

Dengan digelarnya peningkatan sinergi pendidikan keluarga ini, Ia berharap disetiap satuan-satuan pendidikan non formal, pendidikan keluarga dapat berjalan, artinya orang tua ikut andil dalam pendidikan keluarga dalam mendidik anak. Ia menambahkan untuk pelaksanaan pendidikan keluarga ini berlangsung selama tiga hari dari 8-11 Agustus 2017. (ian)