Karimun, Lendoot.com – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Nurdin Basirun meresmikan pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Bukit Carok 17 Megawatt (Mw). Selain meresmikan mesin listrik tersebut, Nurdin Basirun juga menyerahkan bantuan PLN peduli kepada para perwakilan penerima bantuan, Jumat (2/3/2018) pagi.

Dalam sambutannya, Direktur Bisnis Regional Sumatera PT PLN (Persero) Wiluyo Kusdwiharto menyampaikan, dengan diresmikannya pengoperasian mesin 17 Mw, pasokan listrik di Kabupaten Karimun telah mencapai 42.000 Kw.

“Dengan adanya peresmian 17 Mw, pasokan listrik di Kabupaten Karimun menjadi 42.000 Kw. Sedangkan untuk beban puncak Kabulaten Karimun saat ini sebesar 25.500 Kw, jadi masih tersisa daya 17.000 Kw,” katanya.

Dijelaskannya, saat ini yang menjadi kendala di Provinsi Riau dan Provinsi Kepri adalah, apabila terjadi pemadaman penyebabnya karena gangguan cuacau buruk berupa petir. Ia berharap dengan adanya pengoperasian mesin berkapasitas 17 Mw ini dapat mengatasi kebutuhan listrik di Karimun.

“Semoga Kawasan Industri di Kabupaten Karimun dapat lebih berkembang dan kebutuhan dapat terpenuhi masyarakat khususnya,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun menjelaskan, listrik merupakan kewajiban PLN untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Untuk itu dirinya mengatakan bahwa pemerintah daerah akan siap membantu PLN apabila ada kendala dalam memberikan pasokan listrik ke masyarakat.

“Apabila ada kendala untuk memberikan pasokan listrik kepada masyarakat, pemerintah daerah siap membantu mengatasi permasalahan tersebut. PLN kedepannya juga harus berupaya lebih mempersiapkan diri guna memenuhi kebutuhan masyarakat,” ucap Nurdin Basirun.

Turut hadir pada peresmian tersebut, Direktur Bisnis Regional Sumatera PT PLN (Persero) Wiluyo Kusdwiharto, Kepala Divisi Operasi Regional Sumatera Supriadi, Kepala Divisi Pengembangan Regional Sumatera Budi Pangestu, Kepala Divisi Konstruksi Regional Sumatera Adi Lumakso.

Para General Manajer PLN se-Sumatera, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim, Kapolres Karimun yang diwakili oleh Kapolsek Tebing AKP Budi Hartono, FKPD Kabupaten Karimun, Kadis ESDM Provinsi Kepri Amzon, Camat Tebing Herisa Anugerah, serta Tokoh Masyarakat Tebing. (Riandi)