Gubernur Kepri Nurdin Basirun. (dok lendoot)
Gubernur Kepri Nurdin Basirun. (dok lendoot)

Kepri, Lendoot.com – Gubernur Kepri Nurdin Basirun menginginkan tingkat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Provinsi Kepri meningkat ke depannya. Setidaknya, Nurdin menargetkan 3 juta Wisman mungunjungi Kepri tahun ini.

“Kita targetkan tahun depan mencapai 3 juta wisatawan asing berkunjung di Kepri ini,” kata Gubernur Kepri Nurdin Basirun dalam kunjungan ke Tanjung Balai Karimun, Kabupaten Karimun belum lama ini.

Keunggulan yang dijual dari Kepri, katanya, mulai dari keindahan gugusan pulaunya yang indah, hingga pesona alam pantai dan aneka ragam hayati bawah lautnya. Wahana wisata di provinsi, tambahnya, juga sangat menunjang untuk mendongkraknya.

Dia mengatakan Hingga saat ini pemprov terus berupaya untuk mewujudkan hal tersebut dengan cara meningkatkan segala macam sarana dan prasarana penunjang di wahana rekreasi tersebut.

Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Nurdin Basirun menargetkan sekitar tiga juta kunjungan wisatawan mancanegara ke berbagai objek wisata di provinsi setempat.

“Seperti di Karimun ini, Coastal Area akan kita lengkapi lagi dan kita bangun lagi infrastruktur penunjangnya,” katanya.

Pembangunan serupa juga akan dilakukan di kabupaten/kota lain sesuai dengan keunggulan wahana wisatanya masing-masing.

“Seperti di Bintan, Tanjungpinang, dan Anambas serta Natuna yang memiliki wisata bahari yang begitu indah,” ujar Nurdin yang pernah dua periode menjabat Bupati Karimun.

Di tempat yang sama, Bupati Karimun, Aunur Rafiq mengatakan hingga saat ini pihaknya terus menggesa pembangunan infrastruktur di berbagai tempat-tempat rekreasi yang bersumber dari dana APBD kabupaten setempat.

Menurutnya wahana rekreasi yang berada di kabupaten yang digelar dengan sebutan Bumi Berazam ini, mampu memberikan kontribusi yang besar dalam kunjungan wisatawan asing, mengingat kabupaten maritim ini berada tepat di perbatasan yang berhadapan langsung dengan negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura.

“Saya yakin tempat-tempat rekreasi di kabupaten kita ini mampu menarik wisatawan asing lewat dari berbagai promosi yang kita lakukan,” kata Rafiq.

Selain promosi dari dinas terkait, promosi dari media massa dan jejaring sosial juga dilakukannya untuk menyerap lebih banyak lagi wisatawan asing yang berkunjung diakhir pekan maupun yang berkunjung diakhir tahun.

“Untuk sementara wisatawan yang datang didominasi dari Malaysia dan Singapura,” kata Aunur Rafiq. (*)