Karimun, Lendoot.com – Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengukuhkan Pengurus Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBN) Kabupaten Karimun.

Pengukuhan itu digelar di Panggung Putri Kemuning Coastal Area, Kelurahan Teluk Air, Kecamatan Karimun, Minggu (10/3/2019) pagi.

Kegiatan tersebut disejalankan dengan sosialisasi perlindungan anak dalam rangka pemenuhan hak anak dan melindungi anak dari kekerasan eksploitasi, pelantaran dan perilaku salah.

Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengatakan, dengan dikukuhkannya kepengurusan PATBN ini, para generasi muda dapat memiliki wadah dalam berkreativitas agar tidak terpengaruh pergaulan bebas, narkoba dan kenakalan remaja lainnya.

“Melalui pengurus PATBN ini kita dapat lebih mengontrol perilaku anak, karena di dalamnya terdapat para aktivis yang memang peduli terhadap anak. Mari sama-sama kita menjaga agar anak-anak kita tidak terpengaruh oleh narkotika, pergaulan bebas, dan berbagai kenakalan remaja lainnya,” paparannya.

Sementara itu, Fasilitator Aktivis PATBM Kabupaten Karimun Yusriana Susanti menambahkan, untuk mengantisipasi terjadinya kasus kekerasan terhadap anak, pihaknya telah melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah, kelompok PKK dan Posyandu.

“Anak-anak sangat perlu dilindungi dan diperhatikan. Karena banyak bahaya diluaran yang mengincar mereka, baik sistematis maupun tidak,” tambahnya.

Oleh karena Yusriana turut mengimbau seluruh orang tua dan masyarakat untuk dapat memperhatikan, melindungi dan menjaga anak demi masa depan mereka kelak.

Salam kegiatan tersebut turut dihadiri Gubernur Kepri Nurdin Basirun, Sekda Provinsi Kepri TS Arif Fadillah, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim, Anggota DPRD Kepri Jusrizal, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak Provinsi Kepri Misni dan ratusan masyarakat. (riandi)