Gubernur Kepri Nurdin Basirun. (dok lendoot)
Gubernur Kepri Nurdin Basirun. (dok lendoot)

Kepri, Lendoot.com – Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun berharap bahan pangan sitaan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai di Wilayah Khusus Kepri dihibahkan ke masyarakat daripada disimpan di gudang.

“Kami akan terus berkoordinasi dengan pihak Bea dan Cukai, agar kalau ada tangkapan BC, dapat dihibahkan ke masyarakat lagi,” kata Gubernur saat membagikan hibah beras tangkapan Bea dan Cukai (BC) ke masyarakat di Batam seperti dikutip dari antara, Sabtu (8/1/2017) kemarin.

Ditjen BC relatif sering menegah penyelundupan bahan pokok dari luar negeri ke Indonesia melalui wilayah Perairan Kepri, mengingat lokasinya yang strategis di Selat Malaka dan berbatasan dengan empat negara, Singapura, Malaysia, Vietnam dan Thailand.

Menurut Gubernur bahan pokok sitaan BC seperti gula, beras, bawang dan lainnya lebih bermanfaat bila dihibahkan kepada masyarakat yang membutuhkan ketimbang disimpan saja di dalam gudang.

Apalagi di saat harga kebutuhan pokok melambung seperti sekarang. Gubernur menyatakan selain membantu masyarakat, penyaluran bantuan memiliki nilai silaturahim tinggi, yang harus terus dijaga.

“Intinya dengan kegiatan ini kita bisa bertemu dan melihat sendiri masyarakat, melihat wajah-wajah mereka,” kata Gubernur.

Pertemuan saat penyerahan bantuan juga sarat inadah, karena saling mendoakan, saling berbagi dan saling mendengarkan keluhan masyarakat. (*/odk)