Karimun, Lendoot.com – Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun dan Bupati Karimun, Aunur Rafiq melakukan Wisuda terhadap 982 para santriwan dan santriwati Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Kabupaten Karimun di rumah Dinas Bupati Karimun, Selasa (1/5/2018) pagi.

Dalam sambutannya, Bupati Karimun, Aunur Rafiq mengatakan, Ratusan santri tersebut dari TPQ yang ada berada di lima Kecamatan di Kabupaten Karimun yakni, Kecamatan Karimun, Meral, Meral Barat, Tebing dan Kecamatan Buru.

“Sebanyak 982 para santriwan dan santriwati yang mengikuti wisuda berasal dari 5 Kecamatan yang ada di Kabupaten Karimun yaitu dari Kecamatan Karimun sebanyak 340 santri, Meral 256, Meral Barat 120, Tebing 180 dan Buru sebanyak 86 santri,” katanya.

Rafiq juga menjelaskan, sejak kepemimpinan Nurdin Basirun masih menjabat sebagai Bupati Karimun, untuk TPQ dan DTA di Kabupaten Karimun terus tumbuh dan berkembang.

“TPQ yang ada di Kabupaten Karimun terus tumbuh dan berkembang. Saat ini jumlah TPQ di Kabupaten Karimun ada 311 dengan jumlah santri 218 dam jumlah guru sebanyak 1611 orang yang 1569 sudah menerima insentif. Sedangkan untuk guru DTA ada 416 orang,” jelasnya.

Rafiq menambahkan, wisuda santriwan dan santriwati TPQ Kabupaten Karimun tahun 2018. Dengan wisuda santri TPQ ini untuk wujudkan generasi yang berakhlakul karimah dan cinta Al-Qur’an.

”Wisuda ini juga merupakan memberi pemahaman tentang ajaran Al-Qur’an, memahami serta mengamalkan daripada kandungan dari Al-Qur’an,” tambahnya.

Sementara itu, Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun menyampaikan bahwa pendidikan agama di Kepulauan Riau telah mengalami kemajuan. Antusias dan inovasi dari masing-masing kepala daerah berjalan dengan baik dalam bidang keagamaan di daerahnya.

“Kemajuan bidang agama di Kepri cukup besar. Untuk di bidang keagamaannya telah dilirik oleh daerah-daerah lain. Maka dari itu mari bersama-sama untuk terus mendorongmya lagi,” ujarnya. (Riandi)