Gubernur Kepri, Nurdin Basirun didampingi Danrem 033 Wira Pratama memeriksa kesiapan peserta upacara pada pembukaan TMMD tadi pagi
Gubernur Kepri, Nurdin Basirun didampingi Danrem 033 Wira Pratama memeriksa kesiapan peserta upacara pada pembukaan TMMD tadi pagi (Riandi)

Karimun, Lendoot.com – Gubernur Kepri, Nurdin Basirun bersama Danrem 033 Wira Pratama membuka pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 TA 2018 Kodim 0317/TBK di Kecamatan Kundur, Kabupaten Karimun, Rabu (4/4/2018).

Adapun tema yang diusung dalam pelaksanaan TMMD tahun 2018 ini yakni” TNI Manunggal Rakyat Membangun Karakter dan Kemandirian Bangsa.

Pada kesempatan ini, Nurdin Basirun mengatakan TMMD tahun ini konsisten fokus pada pembangunan, namun bukan hanya pembangunan fisik semata melainkan juga non fisik.

“Saat ini bukan lagi perang mengangkat senjata untuk mengusir musuh secara nyata. Namun musuh kita saat ini adalah bahaya radikalisme dan terorisme, ancaman akan bahaya narkoba bagi generasi muda, serta keseimbangan lingkungan hidup yang mulai luntur. Hal inilah yang menjadi sasaran kegiatan TMMD,” katanya.

Pada tahun ini sasaran fisik difokuskan pada semenisasi jalan di Kelurahan Tanjung Batu Barat tembus ke Desa Lubuk, Kecamatan Kundur. Dengan 2 unit Dwiker di Kelurahan Tanjung Batu Barat, Kecamatan Kundur.

“Pembangunan fisik memang diarahkan pada infrastuktur untuk membangun fasilitas umum dan fasilitas sosial dalam rangka mendukung aktivitas sosial ekonomi masyarakat,” ucapnya.

Sementara secara non fisik kita ketahui bahwa TNI berupaya menumbuh kembangkan semangat patriotisme, nasionalisme, serta bela negara.

Kegiatan TMMD tahun ini telah mencapai angka ke-101. Program ini juga telah banyak membawa dampak positif bagi masyarakat, khususnya di wilayah Desa dan Kelurahan yakni, peningkatan akselerasi serta pembangunan daerah. (Riandi)