Gubernur Kepri, Nurdin Basirun didampingi Bupati dan wakil bupati Karimun memukul bedug tanda dibukanya MTQ tingkat Kabupaten Karimun tahun 2018
Gubernur Kepri, Nurdin Basirun didampingi Bupati dan wakil bupati Karimun memukul bedug tanda dibukanya MTQ tingkat Kabupaten Karimun tahun 2018

Karimun, Lendoot.com – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-10 tingkat Kabupaten Karimun Tahun 2018 secara resmi dibuka, Rabu (4/4/2018) malam di lapangan bola Beram Kelurahan Alai Kecamatan Ungar Kabupaten Karimun, Rabu (4/4/2018) malam.

Pembukaan MTQ yang dilakukan langsung oleh Gubernur Kepri, Nurdin Basirun ditandai dengan pemukulan beduk. Dalam sambutanya, Nurdin berharap pelaksanaan MTQ Ke-10 dapat memunculkan generasi Qurani yang cerdas dan agamis serta berahlak mulia.

“Sesuai tema “Melalui MTQ Karimun ke-10 kita wujudkan generasi Qur’ani yang cerdas dan agamis serta berakhlak mulia semoga dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Terkhusus bagi generasi-generasi muda,” kata Nurdin Basirun dalam sambutannya.

Nurdin menyebutkan, dengan pembekalan pendidikan agama dan mempedomani Al-Qur’an dalam kehidupan, diyakini dapat terhindar dari hal-hal yang negatif. Baik dari kehidupan pribadi, maupun kehidupan bermasyarakat.

Dirinya juga berharap, Kabupaten Karimun yang terkenal dengan bumi berazam berlandaskan iman dan taqwa, serta masyarakatnya yang agamis dan daerah yang syarat prestasi dibidang keagamaan, dapat terus dipertahankan serta lebih ditingkatkan lagi.

“Sehingga, Karimun dapat selalu yang terdepan dan menjadi panutan maupun sebagai contoh bagi daerah lainya,” ucapnya.

MTQ tingkat Kabupaten ke-10 tahun ini akan dilaksanakan selama 5 hari yakni dari 4-8 April 2018. Dengan diikuti sebanyak 349 peserta yang terdiri dari cabang perlombaan, Tartil Al-Qur’an berjumlah 24 peserta terdiri dari putra dan putri.

Untuk tilawah Qur’an, berjumlah 72 peserta terdiri dari 24 peserta Tilawah anak-anak, 24 peserta remaja dan 24 Tilawah Dewasa. Fahmil Qur’an, diikuti 72 peserta yang terdiri dari peserta putra dan putri. (Ian/Riandi)