Karimun, Lendoot.com – Untuk mensukseskan Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku), PAUD se-Kecamatan Karimun mengajak wali murid untuk menanamkan kebiasaan anak gemar membaca dan cinta buku, Sabtu (5/5/2018).

Kegiatan tersebut diawali dengan membacakan buku berupa cerita dongeng yang dibacakan oleh Bunda Paud yang merupakan istri dari Camat Karimun serta memberikan beberapa pertanyaan dari cerita dongeng itu kepada anak-anak.

Dikesempatan ini, Camat Karimun, Arpan menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk membiasakan orang tua membacakan buku kepada anak-anak mereka serta menghindari anak dari permainan gadget yang sedang berkembang pada dunia anak sekarang ini.

Bunda PAUD Kecamatan Karimun yang merupakan istri dari Camat Karimun membacakan buku berupa cerita dongeng kepada anak-anak
Bunda PAUD Kecamatan Karimun yang merupakan istri dari Camat Karimun membacakan buku berupa cerita dongeng kepada anak-anak

“Gernas Baku ini memang harus dilakukan, karena di tengah kondisi saat ini dimana kegiatan baca buku anak oleh orangtua jarang dilakukan. Akibatnya, anak-anak menjadi kurang gemar membaca sehingga lebih suka bermain gadget dari pada membaca,” kata Arpan usai Kegiatan Gernas Baku yang diselenggarakan di halaman Kantor Camat Karimun.

Arpan mengatakan, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempererat hubungan sosial-emosional antara anak dan orang tua dan menumbuhkan minat baca anak sejak dini.

“Dengan mensukseskan Gernas Baku kita sudah menanamkan kebiasaan kepada anak cinta akan buku, walau mereka belum bisa membaca tetapi mereka sudah mempunyai rasa ingin tau dari isi cerita sebuah buku yang dibacakan oleh orang tua,” kata Arpan.

Arpan menambahkan, pelaksanaan Gernas Baku ini merupakan kegiatan serentak digelar di seluruh Indonesia yang jatuh pada setiap tanggal 5 Mei. Oleh karena itu Dari 12 Paud yang ada di Kecamatan Karimun dengan masing-masing Paud mengirimkan anaknya sebanyak 10 orang untuk mengikuti Gernas Baku ini.

“Gernas Baku ini kali pertama kita diselenggarakan. Kegiatan Gernas ini juga serentak dilakukan di seluruh Indonesia yang jatuh pada tanggal 5 ini, Alhamdulillah qntusias daripada anak-anak semangat sekali,” tambahnya. (Riandi)