Kapal Dumai Express 15 saat sandar di dermaga Pelabuhan Tanjungbalai Karimun
Kapal Dumai Express 15 saat sandar di dermaga Pelabuhan Tanjungbalai Karimun (Ist)

Karimun, Lendoot.com – Kepala Seksi Penjagaan dan Penyelamatan (Kasi Gamat) KSOP Tanjungbalai Karimun, Syahrinaldi mengatakan akibat cuaca buruk beberapa kapal ferry tujuan Batam, Kamis (11/1/2018) menunda keberangkatan.

Akibat penundaan tersebut sekitar 60 orang penumpang terpaksa tidur di pelabuhan. Sementara sebagian penumpang yang sudah terlanjur membeli tiket di Pelabuhan Karimun memilih untuk mengembalikan tiket.

“Kemarin kapal Dumai Express dari Selatpanjang ke Batam dan kapal Oceana dari Karimun ke Batam tidak melanjutkan perjalanan akibat cuaca yang tidak memungkinkan, para penumpang terpaksa tidur di pelabuhan. Tapi tadi pagi sudah berangkat kembali ke Batam,” kata Syahrinaldi saat dikonfirmasi, Jumat (12/1/2018).

Syahrinaldi menyebut, pembatalan tersebut dilakukan oleh pihak agen kapal dan nahkoda dikarenakan cuaca yang tidak memungkinkan.

Sementara untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, pihaknya telah memberikan surat himbauan kepada para agen kapal agar tetap memperhatikan cuaca.

“Tadi malam sudah kita sampaikan himbauan surat untuk tetap memperhatikan cuaca dan menunda keberangkatan apabila cuaca tidak memungkinkan,” ucap Syahrinaldi. (ian)