Karimun, Lendoot.com – Dalam rangka Karya Bakti TNI Matra Laut TA 2017, Pangkalan TNI Angkatan Laut Tanjungbalai Karimun menanam 1.000 batang pohon Mangrove di bibir pantai Coastal Area Kabupaten Karimun, tepatnya disebelah gedung Karimun Convention Center (KCC), Rabu (24/5/2017) sore.

Penanaman 1.000 batang Mangrove tersebut bekerjasama dengan Pemkab Karimun, PT Timah Kundur, Ormas, OKP, masyarakat dan pelajar.

Danlanal Tanjungbalai Karimun, Letkol Laut (P) Totok Irianto mengatakan Coastal Area dipilih sebagai lokasi penanaman Mangrove dikarenakan, kawasan Coastal Area sudah menjadi ikon bagi masyarakat Kabupaten Karimun. Sementara untuk jenis Mangrove yang ditanam Totok menyebut ada dua jenis, yakni jenis Api-api dan Perpat.

“Berdasarkan hasil survey, dua jenis mangrove tersebut tumbuh dengan cepat dan bertahan dengan geografis daerah ini. Makanya kita pilih jenis Mangrove ini,” ucapnya.

Ia menambahkan, nantinya pohon Mangrove yang sudah ditanam akan diawasi sejalan dengan kegiatan Sabtu Bersih yang menjadi program Pemkab Karimun.

“Setiap kegiatan Sabtu Bersih di hari Sabtu, kita sejalankan pengawasan mangrove yang sudah ditanam ini,” ujarnya. (ian)