Bupati Natuna, Hamid Rizal membuka secara resmi Festival Pulau Senoa, Minggu (24/6/2018) (kmg/rikynovsky)
Bupati Natuna, Hamid Rizal membuka secara resmi Festival Pulau Senoa, Minggu (24/6/2018) (kmg/rikynovsky)

Natuna, Lendoot.com – Guna mendongkrak minat kunjungan wisatawan ke Pulau Senoa, Dinas Pariwisata Pemkab Natuna bersama penggiat wisata Natuna mengadakan kegiatan Festival Pulau Senoa, pekan kemarin.

Ribuan masyarakat mengunjungi pulau Senoa sebuah pulau eksotik berjarak lebih kurang 3 mil dari bibir pantai pulau Bunguran Besar, Natuna. Acara diisi dengan pelepasan 200 ekor anak penyu oleh Bupati Natuna dan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi beserta tamu undangan yang hadir.

Bupati Natuna, Hamid Rizal membuka secara resmi Festival Pulau Senoa yang berlangsung selama seharian dengan menghadirkan berbagai perlombaan dan aksi bersih pantai.

Hamid Rizal mengatakan, selain bertujuan menghibur masyarakat Festival Pulau Senua ini digelar juga bertujuan untuk mempromosikan wisata Natuna kepada khalayak luas.

“Kegiatan seperti ini harus terus ditingkatkan. Bahkan saya selaku kepala daerah akan terus mendukung dan mensupport event seperti ini, dalam rangka memperkenalkan daerah wisata kita kepada masyarakat luas, dan mengangkat pesona wisata bahari kita,” ujar Hamid.

Turut hadir pada kesempatan itu, Ketua DPRD Natuna, Yusripandi, Kapolres Natuna AKBP Nugroho Dwi Karyanto, Danlanal Ranai, Kolonel Laut (P) Harry Setyawan, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau, Assisten Deputi Pemasaran I Regional I, Kementrian Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau, Kepala Badan SAR Natuna dan seluruh OPD Kabupaten Natuna.

Kata Senoa dalam bahasa setempat berarti satu tubuh berbadan dua. Menurut cerita, pulau yang terkenal sebagai sarang Burung layang-layang putih ini merupakan penjelmaan dari seorang perempuan yang sedang berbadan dua (hamil) bernama Mai Lamah.

Objek wisata pulau Senoa merupakan salah satu dari sekian destinasi wisata yang ada di Natuna dan menjadi prioritas untuk dikembangkan menjadi objek wisata bertaraf nasional. (kmg/rifkyrinov)