Bintan, Lendoot.com – Menyambut kemeriahan Bulan Suci Ramadan 1439 Hijriah, Pemerintah daerah Kabupaten Bintan kembali menggelar Festival Lampu Cangkok.

Iven memperebutkan Piala Bergilir Bupati Bintan ini, diikuti seluruh desa dan kelurahan se-Kabupaten Bintan.

Bupati Bintan H. Apri Sujadi, S.Sos di Kantor Bupati Bintan, Bandar Seri Bentan, Jumat (18/5/2018) mengatakan, iven Festival Lampu Cangkok ini dibuat untuk membangkitkan kembali nilai-nilai tradisi Melayu Masyarakat Bintan dalam memerihkan Bulan Suci Ramadan.

“Memeriahkan Bulan Suci Ramadan 1439 H , kita sudah meminta agar camat, lurah dan kepala desa dapat menghidupkan kembali tradisi yang sudah menjadi ciri khas Melayu kita. Kita hidupkan lampu pelita di sepanjang jalan menuju jalan-jalan desa, khususnya ke rumah ibadah masjid dan musholla,” ujarnya.

Dirinya juga mengatakan bahwa hal yang terpenting adalah bagaimana semangat kebersamaan untuk terus mempertahankan nilai-nilai tradisi budaya Melayu masyarakat Bintan tidak hilang ditelan zaman.

“Nanti penilaian kategori dan ketentuan lain terkait Festival Lampu Cangkok ini biar disampaikan dalam forum rakor kades/lurah yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat. Ada kemungkinan rencana penilaian akan dimulai pada tanggal 17 Ramadan 1439 H sampai akhir Ramadan,” ucapnya. (KMG)

Sumber: Batamclick.com