Ketua LSM Garda Indonesia, Aldi Braga. (ist)
Ketua LSM Garda Indonesia, Aldi Braga. (ist)

Batam, Lendoot.com – Dinilai ekonomi melesu, sejumlah elemen masyarakat Batam berencana menggelar aksi #SAVEBATAM. Apa itu #SAVEBATAM?

Aldi Braga, selaku penggerak aksi mengatakan, aksi ini merupakan aksi untuk membantu percepatan pertumbuhan ekonomi Kota Batam. “Tujuan aksi #SAVEBATAM ini untuk membantu percepatan pertumbuhan ekonomi dari yang lesu saat ini,” ujarnya kepada Lendoot.com, siang tadi.

Aldi mengaku, rencana ini sudah dibicarakan dengan berbagai elemen masyarakat Batam lainnya. Seperti dari lembaga swadaya masyarakat (SLM), mahasiswa, akademisi, organisasi massa (Ormas), paguyuban, kalangan pengusaha, notaris, PPATK, dan elemen masyarakat lainnya.

“Draft-nya, berupa tuntutan terkait latar belakang, penyebab ekonomi Batam yang melesu, dan saran serta solusinya. Beberapa elemen masyarakat yang kita komunikasikan sudah menyampaikan dukungannya,” jelas Aldi.

Beberapa poin disebutkan Aldi, di antaranya; selama satu tahun lebih sebanyak tujuh pimpinan BP (Badan Pengusahaan) Batam tidak dapat meningkatkan investasi.

“Pertumbuhan ekonomi Batam justeru lumpuh akibat kebijakan yang diterapkan BP Batam bertolak belakang dengan kebijakan Presiden, melalui paket kebijakan ekonomi yang berorientasi hemat waktu dan biaya,” papar Aldi yang juga Ketua Garda Indonesia itu.

Satu tahun lebih kepemimpinan BP Batam, tambah Aldi, dunia usaha justeru tidak kondusif dan tidak menghargai keberadaan Pemko Batam dan organisasi dunia usaha dan stakeholders lainnya di Kota Batam.

Akhir dari tuntutan itu, aksi meminta pergantian pimpinan BP Batam yang draft-nya, kata Aldi, akan ditandatangani elemen masyarakat Kota Batam lainnya. (sjs)