Is (32) Dukun Cabul yang diamankan Polres Karimun saat diwawancari wartawan di Mapolres Karimun
Is (32) Dukun Cabul yang diamankan Polres Karimun saat diwawancari wartawan di Mapolres Karimun

Karimun, Lendoot.com – Seorang dukun berinisial Is (32) warga Congcong yang diamankan Tim I Unit Opsnal Polres Karimun pada Sabtu (26/8/2017) lalu di Tembilahan membuat pengakuan yang cukup mengejutkan.

Bagaimana tidak, pasalnya saat menjalankan prakteknya sebagai dukun, Ia memperdaya pasiennya agar pasien tersebut menyediakan seorang anak perempuan yang masih perawan apabila ingin dapat disembuhkan dari penyakitnya.

“Jadi Is ini memperdaya pasiennya dengan cara menyuruh pasien tersebut membawa anak perempuan yang masih perawan sebagai syarat pengobatan. Selanjutnya anak tersebut dipakaikan mukena, tapi dalam mukena korban tidak memakai pakaian. Setelah itu mata anak tersebut ditutup lalu pelaku langsung menyetubuhi anak tersebut,” kata Kasatreskrim Polres Karimun, AKP Lulik Febyantara saat press rilis di Mapolres Karimun, Selasa (29/8/2017) sore.

Pencabulan tersebut terjadi pada Mei 2017 lalu. Pasien yang merupakan seorang ibu-ibu yakni Ft, membawa keponakannya, Ap yang masih berusia 17 tahun. Saat itu korban diminta untuk tidak mengeluarkan suara karena akan ada benda yang keluar dari alat vitalnya berupa boneka.

“Tersangka mengancam korban agar tidak mengeluarkan suara, karena akan menggagalkan ritual pengobatan. Ia mengatakan akan ada boneka yang keluar dari alat vitas korban,” jelas Lulik pada wartawan.

Lulik menambahkan, pada malam itu, tersangka meyetubuhi korban sebanyak tiga kali. Untuk meyakinkan pasiennya, mukena dan boneka yang disebut keluar dari alat vital korban dibuang ke laut oleh tersangka agar penyakit hanyut dalam air laut.

Atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan pasal 81 ayat 1, jo pasal 82 ayat 1, jo pasal 76 E undang-undang nomor 35 tahun 2014, tentang perubahan atas undang-undang nomor 23 tentang perlindungan anak, dengan ancaman 15 tahun penjara. (ian)