Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Rachmadi saat diwawancarai belum lama ini
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Rachmadi saat diwawancarai belum lama ini (ian)

Karimun, Lendoot.com – Dua orang warga Karimun meninggal dunia akibat terserang Demam Berdarah Dengue (DBD). Keduanya meninggal dunia pada pada Jumat (15/6) dan Kamis (21/6) kemarin.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Rachmadi menyebut bahwa sebelum meninggal dunia, kedua pasien tersebut sempat mendapatkan perawatan medis di RSUD Karimun.

“Iya saya baru mendapatkan laporan, ada dua orang meninggal dunia akibat DBD. Sebelum meninggal sempat dirawat di RSUD,” kata Rachmadi, Jumat kemarin.

Rachmadi menjelaskan, selain terserang DBD, kedua pasien itu juga mengidap penyakit penyerta, seperti Sepsis, Infeksi Saluran Kemih (ISK), Penurunan Kesadaran, TB dan Anemia.

“Untuk wanita berusia 66 tahun itu dia juga mengidap sepsis, ISK dan Penurunan Kesadaran. Sedangkan yang usia 28 tahun juga mengidap TB dan Anemia,” ucapnya.

Atas kejadian ini, Rachmadi berharap, masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan 3 M Plus agar dapat terhindar dari DBD.

“Kita meningkatkan Peran Jumantik, Abatesasi Selektif dan Fogging Fokus untuk mencegah. Dan peran masyarakat juga dibutuhkan agar lebih efektif,” ujarnya. (ian)