Mantan Kadinsos Karimun, Indra Gunawan dan Bendahara saat berada di Kejaksaan Karimun
Mantan Kadinsos Karimun, Indra Gunawan dan Bendahara saat berada di Kejaksaan Karimun (Riandi)

Karimun, Lendoot.com – Kejaksaan Negeri Karimun telah melimpahkan kasus yang menyeret mantan Kepala Dinsos Kabupaten Karimun, Indra Gunawan dan Bendaharanya Ardiansyah, Senin (16/7/2018).

Kasus ini dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Tipidkor Tanjungpinang. Demikian dikatakan Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Karimun, Kicky Arianto, Rabu (18/7/2018) sore saat ditemui di ruang kerjanya.

“Kita sudah limpahkan Indra Gunawan sama Ardiansyah, Senin kemarin. Sekarang mereka sudah di Tanjungpinang. Kondisi mereka saat ini baik,” katanya.

Proses hukum kasus dugaan korupsi dana administrasi dan dana umum (Adum) Dinas Sosial Kabupaten Karimun tahun 2016, akan terus berlanjut.

Kicky menjelaskan, kasus ungkapkan Unit Tipidkor Satreskrim Polres Karimun tersebut akan mulai disidangkan, Senin (23/7/2018) mendatang.

Dalam kasus ini sebanyak 42 saksi telah dimintai keterangan, yang empat diantaranya adalah saksi ahli.

“Saksi ahli ada dari BPKP, ahli korupsi, ahli dari kemendagri dan ahli keuangan. Prosesnya cukup panjang karena tiga tahun anggaran. Barang buktinya sembilan box berkas dan untuk dakwaannyas aja 78 halaman,” tambahnya.

Untuk saat ini pihak kejaksaan baru melimpahkan kedua tersangka. Sementara untuk barang bukti berupa dokumen, dua unit mobil milik tersangka serta barang bukti lainnya baru akan dibawa ketika masa persidangan.

“Karena barang buktinya banyak nanti akan menyusul sebelum digelar sidang,” jelas Kicky.

Hingga kasus ini dilimpahkan, lanjut Kicky, belum ada pernyataan kedua tersangka untuk mengembalikan kerugian negara yang menurut perhitungan BPKP mencapai Rp 3 miliar lebih. (Riandi)