Karimun, Lendoot.com – Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Khusus Kepri merilis empat penindakan yang telah ditegah jajarannya, Rabu (9/1/2019) siang.

Adapun empat penindakan yang berhasil ditangkap yaitu, terhadap KM Rezeki Doa Ilahi bermuatan sebanyak 800 batang kayu teki di perairan sekudi baru pada tanggal 23 Desember 2018.

“Untuk penegahan kayu teki kita tangkap Desember 2018 kemarin. Kayu ini dari Meranti yang rencananya akan dibawa menuju Batu Pahat, Malaysia melalui Perairan Sekudi Baru,” kata Kapala Kantor wilayah DJBC Khusus Kepri, Agus Yulianto.

Selanjutnya, Jumat (4/1/2019) pihaknya  melakukan penegahan terhadap kapal LCT Hansen Samudra I yang memuat minuman beralkohol (mikol) berbagai merek sebanyak 1.303 karton di Perairan Hoursburgh.

Kemudian, pada Minggu 6 Januari 2019 jajaran Kanwil DJBC Khusus Kepri kembali melakukan dua penegahan sekaligus yaitu tegahan terhadap SB Elang Laut dan SB tanpa nama bermuatan 50 karton rokok FTZ serta penegahan terhadap KM. Jaya Abadi yang memuat 1.510 karung bawang merah.

“Kapal yang membawa rokok ini ada dua ya, SB Elang Laut ini membawa 30 karton rokok dan SB tanpa nama memuat 20 karton. Kapal ini masing-masing ada dua ABK di dalamnya,” ujarnya.

Kakanwil menambahkan, KM. Jaya Abadi Gt. 25 yang memuat sebanyak 1.510 karung bawang merah ini tidak dilengkapi dokumen Kepabeanan saat ditegah di perairan Aceh.

“Selanjutnya kapal, satu set alat navigasi dan satu set dokumen beserta bawang merah diserahterimakan kepada penyidik Kanwil DJBC Aceh untuk proses lebih lanjut,” tambahnya. (riandi)