Bupati Karimun, Aunur Rafiq foto bersama pimpinan FKPD di depan piala Adipura
Bupati Karimun, Aunur Rafiq foto bersama pimpinan FKPD di depan piala Adipura

Karimun, Lendoot.com – Tahun ini Kabupaten Karimun kembali meraih piala Adipura dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK RI). Namun kali selain meraih piala Adipura untuk yang kedua kalinya, enam sekolah di Kabupaten Karimun juga menerima penghargaan Adiwiyata tingkat nasional.

Penyerahan dilakukan langsung oleh Menteri LHK RI, Siti Nurbaya kepada Bupati Karimun, Aunur Rafiq di Auditorium Manggala Wanabhakti, Jakarta, Rabu (2/8/2017) kemarin.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq mengatakan keberhasilan Pemkab Karimun meraih piala Adipura tidak terlepas dari kerja keras seluruh lapisan masyarakat dan intansi terkait yang terus menjaga lingkungan sekitarnya tetap bersih. Sehingga Karimun memenuhi standar untuk penilaian dari segi pengelolaan kebersihan.

“Tentunya keberhasilan ini adalah kerja keras seluruh intansi terkait dan juga masyarakat dalam menjaga lingkungannya tetap bersih,” kata Rafiq, Kamis (3/8/2017) di rumah dinasnya.

Atas pencapaian ini, Rafiq menyebut bahwa Perintah daerah terhitung sejak 11 Agustus 2017 mulai memberlakukan Perda nomor 7 tentang kebersihan. Ia berharap dengan diterapkannya perda tersebut dapat dijadikan sebagai dorongan kepada masyarakat agar lebih peduli dengan kebersihan lingkungan dan daerahnya.

“Mulai 11 Agustus 2017 kita akan berlakukan Perda nomor 7 tentang kebersihan. Dan di tahun 2017 pemerintah bersama DPRD akan menyusun kembali komitmen tentang pengelolaan dan penangan kebersihan. Untuk itu perlu dukungan dan peran serta dari seluruh lapisan masyarakat,” ucapnya.

Adapun keenam sekolah yang menerima penghargaan Adiwiyata tingkat nasional yakni, SDN 002 Karimun, SDN 13 Teluk Air, SMPN 3 Tebing, SMPN 2 Tebing, SMAN 1 Karimun dan SMAN 4 Karimun.(ian)