Sekdakab Karimun Muhd Firmansyah saat menghadiri penyerahan BMN di DJBC Kepri, tadi pagi.
Sekdakab Karimun Muhd Firmansyah saat menghadiri penyerahan BMN di DJBC Kepri, tadi pagi. (iyan)

Karimun, Lendoot.com – Hari pabean internasional ke-65, diisi dengan hibah Barang Milik Negara (BMN) oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Khusus Kepri kepada Pemkab Karimun, Selasa (31/1/2017).

Penyerahannya disampaikan pihak DJBC Kepri kepada tujuh yayasan di Karimun, yakni; Miftahul Jannah, Baiturrahmah, Ar-Raudhah, Hidayatullah, Jehovah Jireh, Muhammadiyah dan Al-Khalis.

Kabid Penyidikan dan Penyimpanan Barang Bukti DJBC Kepri, Winarko mengatakan hibah ini merupakan yang kali kedua di awal 2017. Ia berharap hibah yang diberkan ini akan memberi manfaat kepada masyarakat yang menerima dan peruntukannya tidak untuk disalah gunakan.

“Ini adalah hibah kedua yang kita lakukan dalam awal 2017. Kita berharap hibah yang diberikan ini peruntukannya tidak disalahgunakan dan bisa bermanfaat bagi yang menerima,” kata Winarko saat menggelar serah terima di kantor DJBC Kepri.

Winarko mengatakan, barang-barang yang dihimbahkan diantaranya 1 buah ponton buatan, 140 batang kayu log, 50 buah drum, 54 kaleng biskuit, 2 karton pereda panas dalam, 2 karton susu, 40 karton kerupuk, 9 karton bubur gandum instan, 2 karton sotong bakar, 5 karton rempahan sup, 5 karton rempahan ayam, 6 karton tepung, 205 karton kuaci dan 46 karton permen.

“Barang-barang yang dihibahkan ini sebagian besar adalah bahan makanan dan susu. Tapi ada satu Ponton yang sudah dirakit yang akan diserahkan ke Pulau Parit, selebihnya kayu dan drum,” jelas Winarko.

Winarko menyebut barang hibah ini merupakan hasil penindakan patroli laut DJBC terhadap lima kapal pada September sampai dengan Desember 2016 dengan total nilai barang Rp 128 Juta.

Sekertaris Daerah Kabupaten Karimun, Muhammad Firmansyah yang hadir sebagai wakil Pemkab Karimun mengatakan, pemerintah daerah sangat berterimah kasih kepada DJBC dan pengadilan yang sudah memutuskan untuk menghibahkan barang-barang tersebut.

“Karena dengan demikian pemberian hibah ini dapat bermanfaat kepada masyarakat yang memang benar-benar membutuhkannya,” ujar Firmansyah.

Sekda juga berharap agar bantuan hibah yang sudah diberikan oleh DJBC Kepri ini dapat dipergunakan dengan baik dan tidak disalahgunakan peruntukannya.

Pantauan di lokasi, selain melakukan acara hibah kepada pemerintah Kabupaten Karimun, DJBC Kepri juga menggelar pemusnahan berupa 2.014 karung bawang merah, 79 karton buah-buahan diantaranya jeruk mandarin, apel, dan sweet oranges dengan cara ditimbun tanah. (ian)