DJBC Kepri memperlihatkan barang tangkapan jenis ketamine
DJBC Kepri beserta Polda Kepri sedang memperlihatkan barang tangkapan jenis ketamine (ian)

Karimun, Lendoot.com – Enam warga Panipahan, Provinsi Riau diamankan oleh petugas patroli Kantor Wilayah Direktorat Bea dan Cukai (DJBC) Khusus Kepri, karena kedapatan membawa satu kilogram barang farmasi jenis Ketamin saat melakukan penegahan terhadap KM Kuala Kapias.

Kepala Kanwil DJBC Khusus Kepri, Parjiya mengatakan lokasi penegahan KM Kuala Kapias merupakan daerah rawan masuknya narkoba dari luar negeri. Ia juga menyampaikan cara yang dilakukan pelaku merupakan modus lama.

“Perlu sinergisitas untuk pemberantasannya (narkoba-red). Kita minta kepada kepolisian untuk mengembangkan hingga ke otak pelaku. Untuk barang yang berkaitan dengan kepabeanan masih dalam penyelidikan,” kata Parjiya, Kamis (16/3/2017).

Sementara itu, Kabid Penindakan dan Saran Operasi DJBC Khusus Kepri, Raden Evi Suhartantio mengatakan, KM Kuala Kapias berangkat dari Panipahan menuju Malaysia sebagai kapal penangkap ikan. Dari Port Klang Malaysia, kapal kayu tersebut akan kembali ke Panipahan dengan membawa barang-barang kelontong.

“Tapi setelah kita periksa di dalam kapal ternyata salah satu ABK kapal, Samsir, ¬†membawa pulang Ketamin sebanyak 993,12 gram yang dibelinya dari seseorang di Malaysia dengan harga Rp 30.000 ringgit. Samsir menyembunyikan ketamin tersebut di dalam dua pipa PVS dan diletak di bawah kasur kamarnya,” kata Raden Evi.

R Evi menjelaskan, KM Kuala Kapias diamankan di sekitar perairan Takong hari Selasa pukul 22.30 WIB dengan kapal patroli BC20003. Dari penangkapan ini nahkoda kapal, Syarifudin ditetapkan sebagai tersangka.

Selanjutnya KM Kuala Kapias beserta nahkoda dan lima ABK diangkut ke Kanwil DJBC Khusus Kepri di Pulau Karimun Besar. Barang bukti berupa ketamin langsung dilimpahkan ke Satuan Narkoba Polres Karimun untuk ditindak lanjuti. Sementara muatan yang lain masih dalam penyelidikan pihak Bea dan Cukai.

Sementara itu, Kepala Biro Sumber Daya Manusia Polda Kepri, Kombespol Rakhmat mengatakan sangat mengapresiasi atas kinerja yang telah dilakukan DJBC Kepri dalam memerangi peredaran narkoba diperairan Kepri.

“Kita sangat mengapresiasi atas hasil tangkapan yang dilakukan DJBC Kepri, dan akan kita tindak lanjuti melalui Polres Karimun,” ucap Rakhmat. (ian)