Para peserta penyuluhan HIV/AIDS mendengarkan pemaparan dari salah satu narasumber
Para peserta penyuluhan HIV/AIDS mendengarkan pemaparan dari salah satu narasumber (ian)

Karimun, Lendoot.com – Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karimun menggelar penyuluhan HIV/AIDS di Hotel 21 Karimun Jalan Coastal Area Tanjungbalai Karimun, Rabu (18/4/2018). Penyuluhan ini diikuti dari berbagai kalangan diantaranya, pelajar, mahasiswa dan OKP.

Kadispora Kabupaten Karimun, Sukari melalui Kabid Pemuda Dispora, Agusman mengatakan tujuan diadakan penyuluhan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan kepada peserta tentang HIV/AIDS. Ia berharap peserta dapat memahami dan memberikan ilmu yang didapat dari penyuluhan kepada masyarakat. Terutama sekali, ilmu yang didapat dapat menjadi benteng untuk diri sendiri.

“Sampaikan informasi tentang HIV/AIDS dan apa yang perlu dijaga ke masyarakat secara persuasif. Generasi muda mempunyai peranan penting dan tanggungjawab dalam menyelamatkan negeri,” pintanya sebelum menutup penyuluhan.

Sementara itu, Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Karimun, Erwan Muharuddin menyebutkan pihak sudah semaksimal mungkin berupaya dalam menangani setiap orang yang terindikasi maupun positif penyakit HIV dan AIDS. Namun
belum ada pengurangan jumlah kasus penyakit tersebut.

“HIV/AIDS sudah masuk konsentrasi. Sehingga penularan dan penyebarannya semakin cepat serta meningkat. Ini terjadi disebabkan, jaringan perilaku seks tidak aman atau seks bebas,” ucap narasumber tersebut.

Untuk tahun 2017 pihaknya menemukan lebih dari seratus orang yang positif HIV/AIDS di Kabupaten Karimun. Dari jumlah tersebut, penderitanya lebih banyak perempuan dibandingkan laki-laki.

“Penderitanya memang banyak perempuan, tapi yang paling banyak meninggal dunia adalah laki-laki. Penderita HIV/AIDS di Kabupaten Karimun 67 persen dari usia 25-49 atau usia produktif. Di tahun 2018 dari Januari sampai sepanjang April, kasus HIV/AIDS mengalami penurunan,” ucapnya. (ian)