Karimun, Lendoot.com – Bupati Karimun, Aunur Rafiq membuka secara resmi festival Reog di Coastal Area, Sabtu (18/8/2018) pagi.

Festival yang digelar oleh Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Kabupaten Karimun ini diikuti sebanyak 3 regu diantaranya, Gembong Singo Muda Bukit Tiung, Singo Bangkit Alur Jongkong dan Gembong Singo Adom Junior Bukit Tiung.

Dalam sambutannya, Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan Festival Reog tidak hanya digelar di Karimun saja, namun dapat juga dilakukan di kota-kota lain karena dapat menunjang pariwisata di Karimun.

“Di Karimun suku jawa cukup banyak, jadi tidak ada salahnya festival seperti ini diadakan untuk kota-kota luar juga, karena pasti dapat meningkatkan pariwisata di Karimun,” ujar Rafiq.

Rafiq juga meminta kepada Kadisparbud untuk lebih jeli dan bisa menjemput bola, sehingga bisa membesarkan event Reog di kancah tanah air.

“Bisa menjemput bola dengan menggandeng Dinas Provinsi atau Kementrian Pariwisata agar Festival Reog ini bisa menjadi event besar sehingga dapat mengundang kota-kota luar datang ke Karimun,” ucap Rafiq.

Sementara itu, kepala Disparbud Kabupaten Karimun, Zamri mengatakan bahwa festival Reog awalnya ada 5 regu. Namun 2 regu mengundurkan diri karena berhalangan untuk tampil.

“Awalnya ada 5 regu, tapi 2 regu dari Kundur mengundurkan diri karena di sana ada kegiatan,” ujar Zamri.

Adapun tunjuan dari festival Reog adalah untuk membangkitkan budaya lokal yang sudah menjadi icon di Tanjungbalai Karimun. (Parulian Turnip)