Batam, Lendoot.com – Pemerintah Kota Batam kembali mendapat tambahan 16 ribu blangko KTP-elektronik (KTP-el), pada Jumat (2/3/2018). Tambahan ini akan digunakan untuk mencetak KTP-el warga Kecamatan Batam Kota.

“Yang ada ini kita targetkan selesai dalam waktu 14 hari kerja, supaya bisa pindah ke kecamatan lain. Setelah Batam Kota selesai, kami lanjutkan ke Sagulung,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam, Said Khaidar.

Saat ini, ada sekitar 13.000 pengajuan KTP-el di Sagulung yang menunggu untuk cetak. Jumlah tersebut hanya yang terekam di sistem. Kebutuhannya mungkin lebih banyak, karena perekaman data penduduk masih terus berjalan.

Said akui 16.000 blanko yang dijemput pekan lalu hanya sekitar 20 persen dari kebutuhan Batam, 61.000. Kementerian Dalam Negeri memang tidak memberikan keseluruhan, tapi secara bertahap. Jika blangko yang diserahkan telah tercetak seluruhnya, baru dikasih tambahan.

“Makanya kami berusaha untuk cepat menyelesaikan pencetakan. Selesai cetak kami jemput lagi, agar bisa terselesaikan tumpukan ini,” kata Said.

Menurut Said, petugas sudah lembur dengan 10 unit alat yang ada, demi menyelesaikan pencetakan. Adapun yang menjadi prioritas tetap mereka yang baru pertama kali memiliki KTP.

Kepada warga, Said minta agar mengecek ke Kantor Camat masing-masing. Agar KTP-el yang sudah tercetak tak menumpuk di kantor camat.

“Biar tidak menumpuk dan hilang. Kalau sudah terima pesan KTP-el nya sudah siap harap langsung diambil,” ujarnya.(*)

Sumber : Wartakepri.co.id

Foto : Wartakepri.co.id