Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Karimun Muhammad Tahar. (sjs)
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Karimun Muhammad Tahar. (sjs)

Karimun, Lendoot.com – Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Karimun kembali mendapatkan 2.000 blanko Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik dari Direktorat Jendral Administrasi Kependudukan  dan Capil Kemendagri pada minggu lalu.

Sebelumnya, pada April lalu, Kabupaten Karimun telah mendapatkan sebanyak 8.000 lembar blanko e-KTP dari Pemerintah Pusat. Namun dari 8,000 blanko tersebut, hanya 6.100 yang telah dicetak dan didistribusikan kepada masyarakat.

“Ini bukan pengadaan, dikarenakan kebetulan ketersediaan Blanko dipusat masih ada, maka kita ajukan kembali dan mendapatkan 2.000 Blanko. Ini untuk mengantisipasi adanya data PRR baru yang berdasarkan informasi akan keluar pada akhir Juli,” kata Muhammad Tahar, Kamis (20/7/2017).

Tahar mengatakan, penambahan tersebut akan diprioritaskan bagi masyarakat yang masuk didalam data PRR, artinya masyarakat yang belum pernah memiliki KTP sama sekali.

“Kita prioritaskan mencetak untuk PRR dulu, Kita upayakan, pelayanan pembuatan KTP akan kembali normal pada Agustus mendatang,” kata Tahar.

Sementara itu, Kepala Seksi KTP dan KK Disdukcapil Karimun, Satalindra menambahkan dengan adanya penambahan 2.000 Blanko tersebut, hingga saat ini jumlah blanko telah diterima pihaknya sebanyak 10.000 lembar. Sedangkan dari data yang telah dicetak sebanyak 6.100 lembar.

“Hingga saat ini jumlah Blanko yang kita terima sudah ada 10.000 jika ditotal dengan 2.000 yang baru kita terima,” ucapnya. (ian)