Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Karimun Muhammad Tahar. (sjs)
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Karimun Muhammad Tahar. (sjs)

Karimun, Lendoot.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karimun akan menggandeng sejumlah stakeholder dalam pengurusan akta kelahiran dan kematian penduduk di Karimun.

“Selama ini masyarakat masih mengurus sendiri secara langsung akta kelahiran dan kematian ke kantor Disdukcapil. Terkadang saat seorang anak lahir para orang tua lebih memilih untuk tidak langsung mengurusnya, hal yang sama juga terjadi dalam pengurusan akta kematian,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Karimun Muhammad Tahar belum lama ini.

Tahar menyebut langkah ini diambil untuk memudahkan pendataan penduduk yang lahir dan yang meninggal dan menciptakan data kependudukan yang valid.

“Untuk akta kelahiran itu penting bagi seorang anak, sebagai bukti dia Warga Negara Indonesia. Begitu juga dengan akta kematian, apabila tidak dilaporkan maka data penduduk tidak akan berkurang,” ujar Tahar.

Adapun pihak-pihak yang akan bekerja sama yakni, untuk akta kelahiran Disdukcapil siap menggadeng pihak Rumah Sakit, Puskesmas dan Bidan. Sementara untuk akta kematian akan bekerjasama dengan Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW), Kelurahan dan Kecamatan.

“Sehingga nantinya mereka yang mengurus ke kita (Disdukcapil) dan orang tua hanya tinggal mengambil akta tersebut dengan pihak yang membantu,” tandasnya. (ian)