Suasana tera ulang di Pasar Puan Maimun, siang tadi. (ian)
Suasana tera ulang di Pasar Puan Maimun, siang tadi. (ian)

Karimun, Lendoot.com – Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Energi Sumber Daya Mineral (Disdag Koperasi UKM dan ESDM) Karimun melakukan sidang tera ulang timbangan milik pedagang di pasar-pasar yang ada di seluruh Kabupaten Karimun.

Bukan hanya timbangan milik pedagang yang berjualan di pasar, namun petugas juga memeriksa seluruh alat ukur yang akan digunakan untuk melayani konsumen lainnya.

Kepala Disdag Koperasi UKM dan ESDM Karimun, Muhd Yosli melalui Kabid Meteorologi, Nursilwan mengatakan sidang tera ulang merupakan program tahunan dari Kementrian Perdagangan RI. Untuk tahun ini pihaknya menargetkan pemeriksaan terhadap 2.500 alat ukur di seluruh Karimun.

“Tahun 2016 lalu target kita sebanyak 2.000 alat ukur. Yang kita tera ulang seluruh alat-alat ukur, takar, timbang, dan perlengkapannya atau UTTP. Jadi semua timbangan termasuk timbangan emas, timbangan digital, SPBU dan alat ukur lainnya,” kata Nursilwan.

Ia menjelaskan, kegiatan tera ulang ini adalah untuk menjaga akurasi timbangan pedagang agar tidak merugikan konsumen,

Kasi Tera Ulang Dinas Perdagangan, Koperasi UKM dan Energi Sumber Daya Mineral, Adi Wahyudi menambahkan, pihaknya melakukan pemeriksaan setiap alat ukur. Apabila ditemukan alat ukur yang mengalami kerusakan maka akan diperbaiki oleh teknisi. Namun jika memang kerusakan tidak dapat diperbaiki lagi maka pedagang dilarang keras menggunakannya.

“Setelah ditera ulang maka alat ukur akan disegel dan diberi stiker,” ujarnya.

Dari pantauan, para pedagang dengan sukarela mendatangi posko sidang tera ulang Bidang Pelayanan Kemetrologian di Pasar Puan Maimun. Pedagang mendaftarkan alat ukur yang mereka bawa untuk diperiksa oleh petugas. Kegiatan ini juga mengikut sertakan aparat kepolisian. (ian)