Sarden merek Nagos Mackerel
Sarden merek Nagos Mackerel

Karimun, Lendoot.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, mengeluarkan surat edaran terkait hasil sampling dan pengujian dari Balai Besar POM di Pekanbaru yang terdeteksi cacing pita pada 3 merek sarden.

Ketiga merek sarden itu yakni sarden merek FARMERJACK yang diproduksi PT Prima Niaga Indomas, sarden merek IO yang diproduksi PT Mexindo Mitra Perkasa dan sarden merek HOKI yang PT Interfood Sukses Jasindo.

Dalam surat edaran tersebut, para pedagang kelontong dan mini market yang ada di Karimun dihimbau agar tidak menjual ikan sarden dari 3 merek yang terdeteksi terdapat cacing pita.

“Surat edaran hari ini sudah kita keluarkan, kemarin kami dapatpun suratnya sudah siang,” kata Rachmadi saat dihubungi Lendoot.com, Kamis (22/3/2018).

Sementara, dari pemeriksaan yang mereka lakukan di Indo Yani, Rachmadi menyebut pihaknya menemukan 6 kaleng sarden merek Hoki. Sementara untuk sarden yang dijual di Indo PN tidak ada ditemukan.

“Tadi sudah sempat turun ke Indo Yani, hanya ditemukan 6 kaleng merek Hoki dan sudah ditarik, di Indo PN tidak dapat karena sudah disingkirkan pihak Indo PN untuk dikembalikan ke distributor,” kata Rachmadi.

Bahkan untuk mempercepat surat edaran tersebut, Rachmadi telah memerintahkan Puskesmas di pulau-pulau untuk menyampaikan terkait hasil temuan tersebut.

“Saya juga sudah perintahkan ke puskesmas di pulau-pulau terkait surat edaran tersebut, agar prosesnya cepat,” katanya. (ian)