Bupati Karimun, Aunur Rafiq saat ditemui dalam safari Ramadhan di Kecamatan Buru, Rabu (31/5/2017) malam
Bupati Karimun, Aunur Rafiq saat ditemui dalam safari Ramadhan di Kecamatan Buru (ian)

Karimun, Lendoot.com – Kecamatan Buru menjadi salah satu daerah pertanian yang akan dikembangkan Pemerintah Kabupaten Karimun melalui Dinas Pangan dan Pertaniannya. Pengembangan nantinya akan difokuskan pada jenis tanaman sayur-sayuran.

Hal ini diungkapkan Bupati Karimun, Aunur Rafiq saat menggelar safari Ramadhan di Kecamatan Buru. Untuk mewujudkan itu, Rafiq meminta kepada pihak Kecamatan Buru untuk segera mempersiapkan lahan pertaniannya dibantu dinas terkait.

“Pertanian hortikultura yang akan dikembangkan di Buru adalah sayur-sayuran. Kita juga punya kobelko untuk pengolahan. Jadi Camat jika ada lahan tidur maka segera dikondisikan untuk dimanfaatkan buat pertanian,” kata Rafiq dalam sambutannya saat acara safari tersebut.

Membantu mengembangkan pertanian di Kecamatan Buru, Rafiq mengatakan Kabupaten Karimun melalui dinas pangan dan pertanian mendapatkan bantuan berupa dua unit traktor dari pemerintah pusat. Satu unit akan difungsikan di Pulau Kundur, dan satu unit lagi di Kecamatan Buru.

“Kita juga mendapat bantuan dari Pemerintah Pusat berupa dua unit traktor. Satu traktornya difungsikan di Kecamatan Buru dan satu lagi di Pulau Kundur. Kita akan mulai sekarang dan 2018 sudah dapat kita rasakan, karena importir berharap akhir tahun ini kita sudah ada hasil,” ucap Rafiq.

Mengenai adanya bantuan dari pemerintah pusat berupa dua unit traktor, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Karimun, Affan membenarkannya. Dalam waktu dekat ini, katanya, dua unit traktor tersebut akan dikirim ke lokasi peruntukannya.

Sementara itu Camat Buru, Helmi mengatakan pihaknya akan segera berkoordinasi dengan kelompok-kelompok tani serta para pemilik lahan tidur.

“Seperti arahan Pak Bupati tadi kita akan mempersiapkan dengan berkoordinasi. Di Buru kita akan mempersiapkan untuk tanaman Jagung,” ujarnya. (ian)