Karimun, Lendoot.com – Untuk memastikan sehat atau tidaknya hewan kurban yang akan dikurbankan menjelang hari raya Idul Adha 1439 Hijriyah tahun 2018, dalam waktu dekat Dinas pangan dan pertanian Kabupaten Karimun akan menurunkan tim khusus.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Karimun, Muhammad Affan. “Minggu depan kita sudah turunkan tim khusus, mereka nantinya akan memastikan hewan kurban layak untuk dikonsumsi. Tidak ada yang mengalami sakit seperti penyakit antraks,” kata Affan, Jumat (27/7/2018).

Affan menyebut bahwa, untuk di Kabupaten Karimun pihaknya menurunkan dua orang dokter hewan, dan akan dibagi di dua wilayah, yaitu Pulau Karimun dan Pulau Kundur.

“Karena di Kabupaten Karimun hanya ada dua dokter hewan, maka kita akan bagi sekitar dua tim yaitu untuk di Karimun dan juga Kundur,” ucapnya.

Apabila dalam pemeriksaan dilapangan ada sapi atau kambing yang mengalami sakit, akan dilakukan suntikkan obat pada hewan kurban tersebut agar bebas dari penyakit yang berbahaya.

Pengecekan dan pemantauan hewan kurban ini juga nantinya akan terus dilakukan hingga hari H pemotongan hewan kurban.

“Ini merupakan cara untuk mengetahui apakan hewah kurban yang telah disembelih tidak mengalami penyakit antraks yang sering menyerang pada hati hewan,” ujar Affan. (Parulian Turnip)