Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Karimun, Muhammad Affan
Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Karimun, Muhammad Affan (ian)

Karimun, Lendoot.com – Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Karimun siapkan dana RP 700 Juta dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Pemkab Karimun untuk membangun Rumah Pemotongan Unggas (RPU) di Batu Delapan, Kecamatan Kundur Utara, Kabupaten Karimun.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Karimun, Muhammad Affan beberapa waktu lalu saat ditemui diruang kerjanya.

“Saat ini telah memasuki tahap pelelangan, mudah- mudahan pada akhir tahun nanti bisa selesai dan 2018 kita kembali meminta dana untuk operasionalnya, dan semoga segera bisa dioperasikan,” kata Kadis Pangan dan Pertanian Kabupaten Karimun Muhammad Affan beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan, setelah pembangunan selesai, nantinya RPU akan menjadi pusat pemotongan unggas di Kabupaten Karimun, khususnya Pulau Kundur. Pemilihan Kundur sebagai lokasi RPU, dikarenakan pihaknya saat ini hanya mempunyai lahan di Kundur.

“Untuk daya konsumsi unggas, seperti ayam, bebek dan burung puyuh, sebenarnya di Karimun yang terbesar. Namun karena kita belum memiliki lahan di Karimun, jadi belum dapat dibangun disini,” kata Affan.

Nantinya pusat pemotongan berbagai unggas di Kundur akan di pusatkan di RPU. Untuk Karimun sendiri, pembangunan RPU juga akan dibangun, namun pembangunannya membutuhkan waktu karena harus dimulai dari awal yakni, pembelian lahan guna pembangunan RPU.

Affan juga mengatakan, saat ini pihaknya telah mempunyai dua sumber pemasukan negara, diantaranya penjualan bibit dan klinik hewan. Dengan dibangunnya RPU, diharapkan Dinas Pangan dan Pertanian dapat menambah pemasukan daerah. (ian)