Karimun, Lendoot.com – Sebanyak 50 personil Perlindungan Masyarakat (Linmas) Kabupaten Karimun mengikuti pelatihan penanggulangan deteksi dini dalam bencana bagi anggota satuan Linmas, yang dilaksanakan Satpol PP Provinsi Kepri.

Kasi Perlindungan Masyarakat Satpol PP Provinsi Kepri, R Syaiful Anwar mengatakan selama ini masyarakat menilai Linmas hanya bekerja disaat -saat tertentu, seperti Pemilu. Akan tetapi, Linmas sebenarnya merupakan garda terdepan bagi masyarakat dan banyak dibutuhkan didalam lingkungan masyarakat sesuai Permen Nomor 84 tahun 2014.

“Melalui pelatihan ini, selain memberikan motivasi dan menambah ilmu, juga bertujuan memperkuat lagi kedudukan Linmas. Selama ini mereka dipandang negatif oleh lingkungannya,” kata Syaiful, Rabu (12/4/2017).

Sementara Kasatpol PP Karimun AKBP TA Rahman menambahkan, para Linmas diberikan pelatihan terhadap penanggulangan bencana, bertujuan untuk melatih Linmas agar mengetahui cara-cara penanggulangan bencana.

“Sehingga apabila terjadi bencana atau kejadian di suatu daerah, Linmas adalah orang pertama yang turun dan langsung mengkoordinasikan kepada kita,” ucap Rahman.

Untuk itu, Rahman berharap dengan adanya pelatihan ini, Linmas dapat lebih menjalankan fungsi sebenarnya, bukan hanya saat pemilu saja Linmas bertugas, akan tetapi juga harus melakukan siskamling dan menjaga kamtibmas dilingkungan masyarakat. (ian)