Ketua Tim Saber Pungli Karimun, Kompol Harry Andreas memberikan sosialisasi kepada warga binaan dan petugas Rutan
Ketua Tim Saber Pungli Karimun, Kompol Harry Andreas memberikan sosialisasi kepada warga binaan dan petugas Rutan (ian)

Karimun, Lendoot.com – Tim Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Kabupaten Karimun mendatangi Rutan Kelas II B Tanjungbalai Karimun. Kedatangan mereka dipimpin langsung oleh ketua tim sapu bersih (saber) pungli, Kompol Harry Andreas, Selasa (30/5/2017).

Namun mereka datang bukan karena adanya Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Rutan Karimun, melainkan untuk menggelar sosialisasi bebas pungli di lingkungan Rutan.

Ketua tim saber pungli Karimun, Kompol Harry Andreas mengatakan tujuan digelarnya sosialisasi tersebut adalah untuk mencegah adanya aktivitas pungli di lingkungan Rutan, baik dari warga binaan maupun petugas Rutan.

“Sosialisasi ini kita lakukan untuk mencegah adanya tindakan pungli dilingkungan Rutan yang memang menjadi salah satu sektor pelayanan publik,” kata Harry Andreas yang juga sebagai Wakapolres Karimun usai menggelar sosialisasi.

Harry menyebut, upaya pencegehan tersebut dilakukan dengan memberi pemahaman bagi para napi serta petugas Rutan tentang praktek pungli yang dapat di klasifikasikan dalam hukuman pidana sesuai Peraturan Presiden No 87 tahun 2017 tentang satuan tugas sapu bersih pungutan liar.

“Warga binaan dan petugas kita berikan pemahaman terkait hal yang berkaitan dengan tindakan pungli agar tidak memberi dan menerima sesuatu di luar ketentuan,” ucapnya.

Dalam Sosialisasi tersebut, Harry meminta para warga binaan yang mengetahui adanya tindakan pungli di dalam Rutan dapat memberi tahu kepada pihak keluarga, sehingga dapat di laporkan kepada posko satgas pungli. (ian)