Ilustrasi (Istimewa)
Ilustrasi (Istimewa)

Karimun, Lendoot.com –┬áKepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Suwedi melalui Kepala Bidang PMD, Abdullah mengatakan, untuk tahun 2017 Pemkab Karimun menerima bantuan Dana Desa dari Pemerintah Pusat sebesar Rp 35,8 Miliar.

“Total jumlah anggaran DD untuk Kabupaten Karimun pada tahun ini sebesar Rp 35,8 milar,” kata Abdullah, Jumat (25/8/2017).

Abdullah menyebut, sebanyak 60 persen dari total Dana Desa (DD) tahun 2017 dari Pemerintah Pusat telah dicairkan. Yang mana DD tersebut dibagikan kepada 42 desa se-Kabupaten Karimun untuk menunjang pembangunan dan pengembangan masyarakat.

“Pencairan tahap kedua rencananya akan dimulai pada Agustus ini. Namun pihak desa harus membuat laporan realisasi penyaluran DD ataupun laporan konsolidasi realisasi penyerapan dana yang telah dicairkan sebelumnya,” ucapnya.

Adapun laporan yang harus dibuat oleh perangkat desa, menurut Abdullah yakni desa harus melaporkan sekurang-kurangnya sebanyak 75 persen.

“Jadi sejauh mana penggunaan DD tersebut. Baik pembangunan fisik maupun pemberdayaan masyarakat lainnya,” kata Abdullah.

Untuk itu, Ia mengimbau agar masing-masing desa untuk membuat laporan realisasi tahap pertama, agar pencairan selanjutnya dapat direalisasikan. Diharapkan hasil penggunaan DD dapat segera bisa dirasakan masyarakat. (ian)