Barang hasil tegahan DJBC Kepri
Barang hasil tegahan DJBC Kepri (ian)

Karimun, Lendoot.com – Selama dua minggu Kantor Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Khusus Kepri berhasil menindak 6 kapal penyeludup, 3 kapal diantaranya memuat bawang merah, 2 kapal memuat ballpres dan 1 kapal memuat kayu teki.

Ini disampaikan langsung oleh Kepala Bidang Penindakan dan Sarana Operasi DJBC Kepri, R Evy saat menggelar press rilis di Gudang C Kantor Bea Cukai, Kamis (9/3/2017) pagi.

R Evy menjelaskan, ketiga kapal pengangkut bawang merah tersebut yakni, KM Ocean Sentosa I membawa 30 Ton bawang merah, KM Andelia Jaya membawa 80 ton dan KM Putra Dua dari kapal ini berhasil diamankan 25 ton bawang merah.

Sedangkan dua kapal pengangkut ballpress yakni, KM Samudra Jaya II kapal ini mengangkut 500 ballpres dan KM Jaya Lestari III membawa 496 ballpres. Dan satu kapal pembawa 1500 kayu teki yakni KM Putra Jaya.

“Selama dua minggu kita berhasil menggagalkan enam kapal penyeludup, tiga kapal diantaranya memuat bawang merah dan dua kapal memuat ballpres yang dibawa dari Port Klang, Malaysia tujuan Tanjungbalai Asahan, Sumatera Utara,” kata R Evy.

Sementara untuk kapal KM Putra Jaya yang menganggkut 1500 kayu teki rencananya akan dibawa ke Batu Pahat, Malaysia dari Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti.

Adapun total nilai barang yang berhasil diselamatkan dari penyeludupan bawang merah, ballpresa dan kayu teki ini yaitu, 9,5 Miliyar. Sementara uBarang tangkapan ntuk modus yang dilakukan keenam kapal tersebut, Evy menjelaskan dengan menggunakan cara mengangkut barang pembatasan impor tanpa dilengkapi dokumen kepabeanan yang sah.

Dari keenam kapal yang ditegah, pihak DJBC Kepri telah menetapkan tiga orang sebagai tersangka dan saat ini sudah dititipkan di Rutan kelas II Tanjungbalai Karimun dan ABK lainnya ditahanan Bea Cukai. (ian)