Kepala Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian (Wasdakim) Berthi Mustika
Kepala Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian (Wasdakim) Berthi Mustika (ian)

Karimun, Lendoot.com – Sepanjang Januari hingga Maret 2017, Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun sudah melakukan deportasi sebanyak 20 orang WNA. Deportasi dilakukan karena diduga melanggar keimigrasian, yakni bekerja di Indonesia tanpa izin.

Dan beberapa waktu lalu Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun juga kembali mendeportasi lima warga negara Thailand dari delapan orang yang diamankan belum lama ini terkait ijin tingal dan bekerja di Indonesia.

Kepala Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian (Wasdakim) Berthi Mustika mengatakan, dideportasinya kelima warga negara Thailand tersebut menambah jumlah deretan WNA yang sudah dideportasi dari kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun sepanjang Januari sampai Maret Tahun 2017 ini.

“Kalau ditotal dengan warga negara Thailand kemarin yang sudah kita deportasi jumlah WNA yang telah dideportasi sekitar 20 orang lebih,” kata Berthi Mustika belum lama ini.

Namun kata Berthi, dari depalan orang warga negara Thailand yang diamankan beberapa waktu lalu, tiga orang diantaranya sudah kembali bekerja di perusahaan yang mempekerjakannya. Setelah sebelumnya sudah mengurus ijin bekerja di Indonesia.

“Tiga orang tersebut ternyata sebelumnya sudah mengurus ijin bekerja di Indonesia, hanya saja saat diamankan berkas mereka belum dalam proses oleh pihak perusahaan,” ujar Berthi. (ian)