Cuaca Ekstrim, Operator Kapal dan Nelayan Diimbau Waspada
Cuaca Ekstrim, Operator Kapal dan Nelayan Diimbau Waspada

Karimun, Lendoot.com – “Dengan cuaca yang sering berubah-ubah sekarang ini kita mengimbau kepada operator kapal dan nelayan agar selalu berhati-hati jika sedang berlayar di laut.”

Demikian diungkapkan Kepala Seksi Bidang Gerak Keselamatan Pelayaran (Kasigamat) KSOP Tanjungbalai Karimun, Syafrinaldi saat ditemui Lendoot.com di ruang kerjanya belum lama ini.

Syafrinaldi menambahkan, jika memang situasinya tidak memungkinkan untuk berlayar, pihak operator kapal dan nahkoda diminta tidak memaksakan diri untuk berangkat.

Begitu juga dengan nelayan yang ingin mencari ikan dilaut agar supaya tidak memaksakan diri pergi ke laut.

“Kalau cuacanya tidak memungkinkan sebaiknya operator kapal dan nahkoda jangan sampai memaksakan diri untuk berlayar. Bagi kapal yang sudah ada di tengah perjalanan juga kalau memang tidak memungkinkan untuk diteruskan, sebaiknya kembali ke pelabuhan asal atau berhenti di pulau terdekat,” ujar Syafrinaldi.

Syafrinaldi juga mengatakan pihaknya selalu berkoordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Kabupaten Karimun untuk memastikan perkembangan cuaca di laut.

“Kita tetap selalu koordinasi dengan BMKG terkait perkembangan cuaca dilaut setiap harinya,” tandasnya. (ian)