Kepala Seksi Penjagaan dan Penyelamatan (Kasi Gamat) KSOP Tanjungbalai Karimun saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (3/4/2017).(ian)
Kepala Seksi Penjagaan dan Penyelamatan (Kasi Gamat) KSOP Kelas II Tanjungbalai Karimun.(ian)

Karimun, Lendoot.com – Cuaca buruk sempat melanda di perairan Karimun. Akibat cuaca buruk tersebut, satu kapal penumpang Oceana Indoma tujuan Kukup, Malaysia terpaksa patah balik (putar balik) ke pelabuhan Tanjungbalai Karimun, Rabu (26/12/2018).

Kepala Seksi Penjagaan dan Penyelamatan (Kasi Gamat) KSOP Tanjungbalai Karimun, Syahrinaldi mengatakan kapal tersebut bertolak dari pelabuhan Tanjungbalai Karimun pukul 08.20 WIB atau baru berlayar sekitar 30 menit.

“Tadi kapal Oceana Indoma tujuan Kukup, Malaysia sempat patah balik (balik arah) ke Pelabuhan. Karena pas di pulau Karimun anak tiba-tiba cuaca buruk,” kata Syahrinaldi, Rabu (26/12/2018).

Kapal baru kembali berlayar pukul 12.40 WIB setelah cuaca membaik. Syahrinaldi juga menyampaikan, untuk mencegah hal-hal buruk saat berlayar, pihaknya terus menghimbau pihak agen dan nahkoda tentang perkembangan cuaca di laut.

“Kita selalu menghimbau para nahkoda kapal dan juga para agen, jangan memaksakan diri untuk berlayar apabila cuaca tidak memungkinkan,” kata Syahrinaldi.

Syahrinaldi juga menghimbau apabila terjadi perubahan cuaca di laut agar mencari tempat berlindung atau kembali ke pelabuhan asal.

Sementara untuk jadwal kapal di Pelabuhan antar pulau, Syahrinaldi mengatakan hingga sore ini masih dapat dilalui dan tidak ada kendala apapun. (Parulian Turnip)