Sudut pelabuhan Sri Tanjung Gelam yang keberangkatan kapalnya ditunda karena cuaca buruk.
Sudut pelabuhan Sri Tanjung Gelam yang keberangkatan kapalnya ditunda karena cuaca buruk. (dok lendoot)

Karimun, Lendoot.com – Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Tanjungbalai Karimun menunda beberapa keberangkatan kapal penumpang, Kamis (15/11/2018) pagi.

Penundaan keberangkatan kapal terpaksa dilakukan pihak KSOP Karimun akibat cuaca ekstrem yang melanda wilayah Karimun sejak pagi yang dapat membahayakan keselamatan pelayaran.

Pembatalan terhadap speedboat Karunia Jaya dengan rute Tanjungbalai Karimun-Tanjung Buton yang memiliki jadwal keberangkatan pada pukul 07.00 WIB terpaksa dibatalkan.

“Speedboat tujuan Buton tadi pagi dibatalkan dan tidak jadi berangkat karena cuaca buruk,” kata┬áKepala Seksi Penjagaan dan Keselamatan KSOP Kelas II Tanjungbalai Karimun, Syahrinaldi.

Walaupun ditunda, Syahrinaldi menyebut seluruh penumpang yang telah membeli tiket SB Karunia Jaya tujuan Tanjung Buton, Kabupaten Siak, Provinsi Riau tetap berangkat karena dialihkan ke kapal Ferry Dumai Ekspres dengan rute yang sama.

“Kalau ferry tetap jalan. Penumpang speedboat ke Buton dialihkan ke Dumai Ekspres yang berangkat pukul 9.00 WIB,” kata Syahrinaldi.

Sementara itu, untuk di Pelabuhan Sri Tanjung Gelam (KPK) pihak KSOP melakukan penundaan selama 30 menit hingga cuaca dinyatakan layak untuk pelayaran.

“Penundaan hanya tadi pagi saja. Sekarang sudah jalan lagi,” ucap Syahrinaldi.

Dari pantauan, hujan lebat disertai angin kencang melanda Pulau Karimun Besar pada Kamis pagi. Hingga siang hari, hujan tetap mengguyur seluruh wilayah di Pulau Karimun dengan cuaca mendung. (Parulian Turnip)