Kepala Seksi Penjagaan dan Penyelamatan (Kasi Gamat) KSOP Tanjungbalai Karimun saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (3/4/2017).(ian)
Kepala Seksi Penjagaan dan Penyelamatan (Kasi Gamat) KSOP Kelas II Tanjungbalai Karimun.(ian)

Karimun, Lendoot.com – Akibat ombak kuat di laut disertai angin kencang, dua kapal Ferry yakni Marina dari Tanjungbalai Karimun menuju Batam dan kapal Tuah dari Malaysia-Tanjungbalai Karimun harus kembali putar arah ke pelabuhan.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Seksi Penjagaan dan Penyelamatan (Kasi Gamat) KSOP Tanjungbalai Karimun, Syahrinaldi saat dikonfirmasi Lendoot.com, Rabu (29/11/2017) sore.

“Barusan ada informasi, kapal Marina keberangkatan pukul 14.30 WIB tujuan Batam kembali putar arah, tadi sudah sempat jalan 20 menit, tapi karena di tengah perjalanan ombak cukup kuat dan dirasa tidak mampu, maka kita arahkan untuk kembali ke pelabuhan,” kata Syahrinaldi.

Selain kapal Marina tujuan dari Tanjungbalai Karimun menuju Batam, hal serupa juga dialami oleh kapal Tuah yang berangkat dari Malaysia tujuan Tanjungbalai Karimun.

“Kapal Tuah dari Malaysia ke Karimun juga kita dapat informasi, pas di tengah laut putar haluan kembali ke pelabuhan karena cuaca kurang baik dan ombak cukup tinggi,” ucap Syahrinaldi.

Sementara untuk jadwal kapal antar pulau, Ia menyampaikan hingga sore ini masih dapat dilalui kapal-kapal. Namun meski begitu pihaknya akan terus melakukan pemantauan setiap saat.

“Untuk antar pulau sampai saat ini masih berjalan, karena memang mereka masih bisa lewat jalan tembak dalam,” katanya.

Syahrinaldi menambahkan, untuk mencegah hal-hal buruk terjadi saat berlayar, pihaknya terus menghimbau pihak agen-agen dan nahkoda kapal tentang perkembangan cuaca di laut.

“Setiap saat kita menginfokan perkembangan cuaca di laut dan setiap hari selalu kita pantau,” ujarnya. (ian)