Kabid Mutasi, Pengadaan dan Informasi BKPSDM Kabupaten Karimun, Kiki Rahmadi.
Kabid Mutasi, Pengadaan dan Informasi BKPSDM Kabupaten Karimun, Kiki Rahmadi.

Karimun, Lendoot.com – Para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang lulus seleksi setidaknya harus mengabdi selama 10 tahun di instansi atau daerah yang mereka pilih.

Apabila lulus di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karimun maka harus bertahan dan baru dapat pindah ke daerah lain setelah 10 tahun dilantik. Jika hal tersebut dilanggar maka dapat diberhentikan sebagai pegawai negeri.

Hal tersebut ditegaskan Kabid Mutasi, Pengadaan dan Informasi BKPSDM Kabupaten Karimun, Kiki Rahmadi saat kegiatan pembekalan pemberkasan CPNS di Gedung Nilam Sari belum lama ini.

“Jadi jangan berpikiran dapat pindah. Kalau di bawah 10 tahun ingin pindah maka diberhentikan. Ini ada aturannya,” kata Kiki.

Dijelaskan Kiki, aturan itu telah diatur dalam Peraturan Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2018.

Yaitu tentang kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018 atau Permenpan Nomor 36 Tahun 2018.

“Jadi dengan adanya aturan itu, pegawai yang belum mengabdi 10 tahun belum dapat mengajukan surat pindah,” jelasnya. (parulian turnip)