Ketua KPU Ahmad Sulton melepas Pantarlih di depan kantor KPU
Ketua KPU Ahmad Sulton melepas Pantarlih di depan kantor KPU

Karimun, Lendoot.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun melepas 780 Panitia Pendaftaran Pemilih (Pantarlih). Untuk di Kabupaten Karimun sendiri, kegiatan pelepasan dilaksanakan di halaman kantor KPU Kabupaten Karimun di kawasan Sei Lakam.

Ketua KPU Kabupaten Karimun, Ahmad Sulton mengatakan para Pantarlih tersebut akan ditempatkan di 780 TPS yang tersebar di seluruh wilayah Karimun. Proses pencocokan dan penelitian Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) tersebut dilaksanakan sejak 17 April hingga 16 Mei mendatang.

“Jadi setiap Patarlih akan menempati satu TPS. Mereka akan ditarget pada hari pertama wajib ke lima rumah,” katanya.

Dalam melakukan pendataan Pantarlih akan berkoodinasi dengan RT dan RW setempat. Adapun pendataan akan meliputi pencatatan pemilih memenuhi persyaratan atau tidak, serta mencoret pemilih yang pindah domisili atau yang meninggal.

Sulton menyebutkan jumlah pemilih berdasarkan data diturunkan oleh Kemendagri melaui KPU RI berjumlah 183,998 orang. Dengan adanya Pantarlih maka data pemilih yang mutakhir di Kabupaten Karimun dapat diperoleh.

“Apakah sama dengan DP4 atau tidak kita dapat mengetahui angka pastinya,” ujarnya.

Sementara jumlah TPS di Kabupaten Karimun untuk tahun 2019 mengalami penambahan. Sebelumnya pada Pemilu tahun 2014 TPS di Karimun berjumlah sebanyak 391, 460 TPS saat Pilpres dan 450 TPS pada saat Pilkada.

Penambahan jumlah tersebut dikarenakan setiap TPS hanya akan diisi oleh 300 pemilih saja. Pada pemilu sebelumnya, jumlah maksimal mencapai 800 pemilih. Apabila nantinya melebihi jumlah 300 maka pemilih akan dipindahkan ke TPS terdekat atau  membuka TPS baru. (ian)