Para pedagang menerima penyuluhan dari BPOM Batam di Pasar Puan Maimun
Para pedagang menerima penyuluhan dari BPOM Batam di Pasar Puan Maimun belum lama ini (ian)

Karimun, Lendoot.com – Untuk menghindari masyarakat mengkonsumsi bahan berbahaya yang terdapat di dalam makanan, Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Batam akan melakukan pengawasan terhadap pedagang di bulan suci Ramadan.

Kepala Seksi Pemeriksaan, Penyelidikan, Sertifikasi dan Layanan Informasi Konsumen BPOM Batam, Mardianto mengatakan setiap tahun di bulan Ramadan pihaknya terus turun untuk memeriksa takjil-takjil yang dijual oleh para pedagang.

“Kita melakukan sampling dan pengujian pasar Ramadan. Bukan hanya di Karimun saja tapi di seluruh kota dan kabupaten yang ada di Kepri,” kata Mardianto beberapa waktu lalu saat Penyuluhan Pasar Aman Dari Bahan-bahan Berbahaya di Pasar Puan Maimun, Kabupaten Karimun.

Mardianto menyebut, pada Ramadan tahun 2016 kemarin, pihaknya belum menemukan adanya makanan yang menggunakan bahan-bahan berbahaya di pasar-pasar takjil yang ada di Kepri. Namun apabila ditemukan maka para pedagang atau produsen bisa terkena sanksi.

“Tiap tahun kita turun. Dan, tahun kemarin tidak ada ditemukan. Insya Allah aman,” ucapnya.

Mardianto menambahkan, terkadang para pedagang tidak mengetahui jika bahan yang digunakannya merupakan bahan berbahaya yang dapat menggangu kesehatan para pembeli. Dengan adanya penyuluhan maka diharapkan para pedagang mengetahui bahan berbahaya untuk makanan sehingga tidak menggunakannya. (ian)